Reank Style Trend News

Idul Adha 2010






Idul Adha Ditetapkan 17 November 2010

Pemerintah menetapkan hari raya Idul Adha 1431 hijriyah jatuh pada 17 November 2010. Ada perbedaan satu hari dengan organisasi Islam Muhammadiyah dan penetapan dari Pemerintah Arab Saudi. Muhammadiyah dan Arab merayakan idul qurban pada 16 November 2010.

Penetapan pemerintah itu berdasarkan hasil sidang itsbat yang dipimpin Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag, Prof Dr Nasaruddin Umar. Hadir pula Sekjen Kemenag Bahrul Hayat PhD, Dirjen Peradilan Agama Mahkamah Agung Drs Wahyu Widiana MA, Ketua MUI Prof Umar Shihab, serta pimpinan ormas-ormas Islam dan anggota Badan Hisab Rukyat.

Pemerintah menetapkan 1 Dzulhijjah 1431 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 8 November 2010. Itu artinya, hari raya Idul Adha 1431 H dilaksanakan pada pada hari Rabu, 17 November 2010.

Persidangan dimulai dengan permintaan pendapat dari peserta sidang. Pimpinan sidang, Nasaruddin mempersilahkan peserta sidang untuk menyampaikan pendapatnya. Terlebih, lebaran kali ini akan dirayakan secara berbeda. PP Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha jatuh pada 16 November 2010. Jadwal itu berdasar hasil sidang hisab PP Muhammadiyah.

"Pada Idul Adha 1431 hijriyah ini, kami meminta kearifan dan kebesaran hati dari Pemerintah dan semua pihak. Pada Idul Adha tahun ini, kami menetapkan berbeda, Idul Adha jatuh pada 16 November 2010," kata Ma`rifat Iman, mewakili PP Muhammadiyah.

Berbeda dengan permintaan wakil dari PBNU, KH Syaifuddin Amsir. Dia meminta ke depan tidak ada lagi perbedaan hari raya. Apalagi, dengan penetapan hari raya yang dilakukan sebagian kelompok umat seperti penganut tarikat.




No comments:

Post a Comment

Popular Posts Today